Kamis, 08 April 2010

Pengumuna UAN 2010 pada Tanggal 26 April

UJIAN Nasional (Unas) SMA/MA dan SMK telah usai dilaksanakan mulai 22-26 Maret 2010 lalu. Sementara itu, hasil pemindaian lembar jawaban komputer (LJK) pelajar SMK akan dikirim ke Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) pada 15 April mendatang, bersamaan dengan hasil pemindaian LJK SMP/MTs yang baru menyelesaikan Unas Susulan, Kamis (8/40), kemarin.

"Sebenarnya, untuk batas akhir pengumpulan hasil pemindaian ke Puspendik 17 April, untuk SMP/MTs. Tetapi, kita kirim lebih cepat pada 15 April bersamaan dengan hasil SMK. Sementara untuk SMA/MA ditangani oleh Universitas Mulawarman," jelas Sekretaris Unas Kaltim, Hidayatullah.

Disdik Kaltim menyediakan tiga mesin pemindai. Untuk memindai lembar jawaban Unas SMK dan SMP/MTs se-Kaltim. Pemindaian SMK telah usai. Sementara untuk Unas SMP/MTs baru dimulai 29 Maret lalu dan disusul pemindaian Unas Susulan SMP/MTs.

Satu mesin pemindai dibantu tiga panitia Unas. Yaitu masing-masing bertugas membuka amplop, menjaga mesin dan memonitor komputer. "Jumlah panitia keseluruhan 97 orang. Diantaranya 27 orang bertugas pada mesin pemindaian yang dibagi tiga sif," kata Hidayat.

Menurutnya, lembar jawaban yang sementara dipindai yaitu berasal dari Samarinda, Bontang, Balikpapan dan Kukar. Sementara untuk Pasir dan PPU, lembar jawaban diantar dua hari sekali. "Untuk daerah Utara, lembar jawaban akan diantar setelah selesai ujian," tambah Hidayat.

Sementara itu, sistem kerja mesin pemindai cukup praktis. Setiap jam mesin ini mampu memindai sekitar 4.000 lembar jawaban. Hidayat menambahkan, dari proses pemindaian tersebut ternyata masih ada pelajar yang kurang teliti.

"Masih terdapat lembar jawaban yang kurang hitam, sehingga samar-samar terbaca. Tetapi, sesuai dengan prosedur Unas, kita bisa membantu menghitamkan," paparnya.

Setelah seluruh hasil pemindaian dikirim, Puspendik akan mengeluarkan hasil Unas yang dikirim ke masing-masing Disdik provinsi termasuk Kaltim. "Sesuai dengan kesepakatan rapat koordinasi Disdik kabupaten/kota, hasil Unas SMA/MA dan SMK diumumkan pada 26 April," tambah Hidayat

Sumber Article : SAPOS SAMARINDA

0 komentar:

 

SMK HWM MUARA MUNTAI Copyright © 2010 Not Magazine 4 Column is Designed by Roby Sang Ahlinya Sponsored by blognya orang kutai